Sejarah Pemrograman Komputer, Konsep dan Jenisnya

Pemrograman Komputer
Pemrograman Komputer

MASZUD – Jika sejarah pemrograman yang harus diceritakan kembali, maka aman untuk memulai akun dengan mesin perbedaan Charles Babbage kembali pada tahun 1822. Bahkan sejak saat komputer begitu sederhana, mereka masih perlu memiliki instruksi sehingga mereka akan dapat melakukan tugas yang dimasukkan ke mereka. Serangkaian instruksi inilah yang sekarang dikenal sebagai pemrograman. Selama era mesin perbedaan, roda gigi perlu diubah secara manual yang kemudian akan menghasilkan perhitungan yang dilakukan. Semua itu berubah ketika sinyal listrik menggantikan gerakan fisik dengan mesin 1942 Pemerintah AS bernama ENIAC. Konsep penerimaan pemrograman juga diikuti oleh mesin ini.

Konsep bahasa pemrograman

Untuk membuat pemrograman lebih cepat, dua konsep penting yang secara langsung mempengaruhi bahasa pemrograman dikembangkan pada tahun 1945 oleh John Von Neumann, yang saat itu dengan Institute for Advanced Study. Konsep pertama dikenal sebagai metode program bersama. Konsep ini menentukan bahwa perangkat keras harus non-kompleks dan tidak perlu kabel tangan untuk setiap program. Instruksi rumit digunakan untuk mengontrol perangkat keras jenis ini yang membuat pemrograman ulang lebih cepat.

Konsep kedua yang disebut ‘transfer kontrol bersyarat’ melahirkan blok kode yang dapat digunakan bahkan dalam pesanan yang berbeda atau yang disebut subrutin. Bagian selanjutnya dari konsep ini adalah percabangan logis. Dengan ini, konsep memiliki blok kode yang dapat digunakan dan digunakan kembali lahir.

Apa saja jenisnya?

Pada 1949, bahasa Short Code keluar. Itu menjadi ibu dari bahasa komputer perangkat elektronik. Dengan bahasa ini, programmer diminta untuk menggunakan 0 dan 1 sebagai ganti pernyataan yang biasa. 1951 menandai penampilan kompiler bernama A-0 oleh Grace Hopper. Program ini menerjemahkan semua 0 dan 1 untuk komputer. Ini memberi jalan bagi pemrograman yang lebih cepat.

Baca Juga:  #6 Tips Jitu Mengatasi Serangan Virus di Komputer / Laptop

FORTRAN (FORmula TRANslating System) diperkenalkan pada tahun 1957 yang juga merupakan bahasa utama pertama. Itu dirancang untuk IBM untuk perhitungan ilmiah. Bahasa ini termasuk pernyataan GOTO, DO dan IF. Forte FORTRAN bukanlah komputasi bisnis. Itu adalah program yang bagus untuk penanganan angka tetapi tidak untuk perhitungan bisnis.

COBOL kemudian dikembangkan pada tahun 1959. Ini dirancang sebagai bahasa pengusaha. Program COBOL sebanding dengan esai di mana ada 4-5 bagian yang terdiri dari keseluruhan utama. Ini membuatnya lebih mudah untuk dipelajari.

Bahasa LISP (dikembangkan untuk studi kecerdasan buatan) juga dikenal sebagai Cambridge Polish dikembangkan pada tahun 1958 oleh John McCarthy. Bahasa pemrograman ini sangat abstrak dan spesifik itulah sebabnya masih digunakan sampai sekarang. LISP dapat menyimpan daftar dan memodifikasinya sendiri.

Pada tahun yang sama, bahasa Algol diproduksi. Ini menjadi ibu dari bahasa Pascal, C dan C ++, dan juga Java. Algol juga memiliki tata bahasa yang tepat pertama yang disebut bentuk Backus-Naar atau BNF. Algol 68, yang merupakan versi berikutnya, adalah versi yang lebih sulit untuk digunakan. Karena kesulitan ini, Pascal muncul.

Baca Juga:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini