Apa itu Stok Fotografi ? Penjelasan Tentang Stok Fotografi

Stok Fotografi
Stok Fotografi

MASZUD – Stok fotografi, kelompok foto yang diambil orang, dikelompokkan, dan dilisensikan untuk tujuan penjualan. Alih-alih mengambil gambar baru setiap kali mereka membutuhkan gambar, banyak orang menggunakan metode fotografi stok. Orang yang bekerja untuk majalah, sebagai seniman grafis, dan biro iklan terkadang menggunakan gambar publik alih-alih merekrut fotografer untuk proyek-proyek individual.

Nama alternatif untuk fotografi stok adalah perpustakaan gambar, arsip foto atau bank gambar. Biasanya, untuk menggunakan gambar-gambar ini, meskipun tersedia untuk umum, ada sedikit biaya atau pembelian hak penggunaan yang disertai dengan biaya untuk menggunakan gambar-gambar ini. Terkadang pembelian keanggotaan memungkinkan Anda untuk memiliki akses ke grup fotografi stok tertentu.

Menghemat waktu dan uang, stok fotografi adalah cara terbaik untuk meningkatkan buletin, blog, iklan, brosur perusahaan, dan lainnya. Ini jelas lebih murah daripada menempatkan fotografer penuh waktu pada staf dan memakan waktu lebih sedikit jika Anda membutuhkan gambar dari sesuatu yang spesifik. Sering kali, semudah menggunakan mesin pencari atau memeriksa email.

Terkadang hak dan penggunaan penuh tersedia untuk pembelian. Di lain waktu, hak penuh terbatas. Dalam kasus tersebut, fotografer mungkin mengharuskan mereka menerima persentase tertentu dari penjualan dan atau royalti penggunaan. Agen biasanya menyimpan gambar pada file dan menegosiasikan biaya. Dengan teknologi dan akses mudah yang disediakan internet, negosiasi menjadi lebih cepat dan mudah.

Biaya menggunakan stok foto tergantung pada berapa lama gambar akan digunakan, di mana lokasi gambar akan digunakan, jika fotografer asli menginginkan royalti dan berapa banyak orang foto akan didistribusikan atau dilihat oleh. Harga untuk stok foto dapat berkisar dari satu dolar hingga dua ratus dolar.

Baca Juga:  Trik Membuat Video Pernikahan yang Keren dan Hebat

Ada beberapa pengaturan harga yang berbeda. Fotografi stok bebas royalti memungkinkan pembeli untuk menggunakan foto beberapa kali dalam berbagai cara. Ketika Anda membeli gambar bebas royalti, hanya ada satu kali biaya untuk penggunaan tanpa batas. Ketika gambar yang Anda beli memiliki bagian bebas royalti, agensi dapat menjual kembali gambar tersebut kepada orang lain. Jika suatu gambar dikelola dengan benar, ada harga yang dinegosiasikan untuk setiap kali digunakan.
 
Terkadang pembeli fotografi stok mungkin berhasrat untuk memiliki hak eksklusif atas gambar. Dalam hal itu, tidak ada orang lain yang dapat menggunakan gambar setelah hak eksklusif dibeli. Mungkin memerlukan biaya ribuan dolar untuk membeli hak eksklusif karena agen yang menangani penjualan harus memastikan bahwa mereka melakukan penjualan yang menguntungkan. Jika sebuah foto akan menghasilkan lebih banyak uang tetap beredar, mereka akan kehilangan hak menjual eksklusif.

Fotografer stok terkadang bekerja dengan agensi yang memproduksi gambar untuk mereka sendiri. Subjek dan kategori yang berbeda mungkin membutuhkan banyak ragam gambar. Terkadang kontributor bekerja untuk berbagai agensi yang menjual foto-foto mereka dengan biaya tertentu. Mereka menyusun pengaturan untuk royalti atau menjual hak mereka. Ini telah terbukti menjadi bisnis besar bagi fotografer di seluruh dunia.

Fotografi stok dimulai pada awal 1920-an. Ini terutama tumbuh sebagai spesialisasinya sendiri pada 1980-an. Galeri memiliki ratusan, ribuan dan bahkan jutaan gambar yang tersedia untuk dibeli. Rumah-rumah persediaan bermunculan di banyak tempat berbeda. Pada tahun 2000, fotografi stok online menjadi fotografi microstock, yang kami sebut arsip foto online. Perusahaan seperti foto istock dan foto bigstock menawarkan Anda kesempatan untuk membeli begitu banyak gambar dan ketika Anda menggunakannya Anda dapat menambahkan kredit lebih banyak untuk biaya lain. Foto yang didistribusikan secara online biasanya lebih murah daripada foto yang dijual dalam bentuk cetak.

Baca Juga:  Inilah 5 Aplikasi Edit Foto Android dan iOS Terbaik

Situs web seperti shutterstock dan fotolibra memungkinkan fotografer stok untuk mengunggah dan menjual gambar mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk memasarkan gambar dan mendapatkan uang dengan fotografi. Anda juga dapat membeli gambar di situs web itu juga. Dengan semua situs stok foto yang tersedia, orang mungkin menemukan gambar yang bahkan belum pernah Anda lihat sebelumnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini