Nama Domain atau Web Hosting yang Lebih Penting?

Domain vs Hosting
Domain vs Hosting

MASZUD – Banyak pemula dalam dunia pengelola website tidak tahu bahwa domain dan hosting adalah dua hal yang terpisah. Dalam post kali ini, kami akan menjelaskan perbedaan antara nama domain dan hosting web.

Perbedaan Domain dan Hosting

1. Nama Domain

Nama domain adalah alamat situs web kalian yang diketik orang di bilah URL browser untuk mengunjungi situs web kalian. Dengan kata lain, jika situs web kalian adalah rumah, maka nama domain kalian akan menjadi alamatnya. Sekarang mari kita masuk ke penjelasan terperinci. Internet pada dasarnya adalah jaringan raksasa komputer yang saling terhubung melalui kabel. Untuk mengidentifikasi mereka dengan mudah, setiap komputer di beri serangkaian nomor yang disebut Alamat IP. Alamat IP ini adalah kombinasi angka yang dipisahkan dengan titik-titik. Biasanya, alamat IP terlihat seperti ini:

66.249.66.1

Komputer tidak memiliki masalah dalam mengidentifikasi dan mengingat angka-angka ini. Namun, tidak mungkin bagi manusia untuk mengingat dan menggunakan angka-angka ini untuk terhubung ke situs web di internet. Untuk mengatasi masalah ini, nama domain diciptakan. Nama domain dapat memiliki kata-kata yang membuatnya mudah diingat alamat situs web. Sekarang jika kalian ingin mengunjungi situs web di internet, kalian tidak perlu mengetikkan serangkaian angka. Sebagai gantinya, kalian dapat mengetikkan nama domain yang mudah diingat, misalnya, imjuna.com. Jadi kalian tidak perlu menghafal alamat IP situs web yang ingin kalian kunjungan dan sebagai pemilik website ini juga menguntungkan untuk kalian.

2. Web Hosting

Web hosting adalah tempat semua file situs web kalian tinggal. Ini seperti rumah situs web kalian di mana sebenarnya tinggal. Cara yang baik untuk berpikir tentang ini adalah jika nama domain adalah alamat rumah kalian, maka web hosting adalah rumah yang sebenarnya menunjuk ke alamat tersebut. Semua situs web di internet, memerlukan hosting web.

Baca Juga:  5 Tips Cepat Sukses di Adsense

Ketika seseorang memasukkan nama domain kalian di browser, nama domain diterjemahkan ke dalam alamat IP komputer perusahaan hosting web kalian. Komputer ini berisi file situs web kalian, dan mengirimkan file-file itu kembali ke browser pengguna. Perusahaan web hosting berspesialisasi dalam menyimpan dan melayani situs web. Mereka menawarkan berbagai jenis paket hosting kepada pelanggan mereka.

Baca juga:

3. Nama Domain dan Web Hosting Memiliki Keterkaitan.

Nama domain dan hosting web adalah dua layanan yang berbeda. Namun, mereka bekerja bersama untuk membuat situs web menjadi mungkin. Pada dasarnya domain seperti buku alamat besar yang terus diperbarui. Di belakang setiap domain, ada alamat layanan hosting web yang menyimpan file situs web. Tanpa nama domain, tidak mungkin bagi orang untuk menemukan situs web kalian dan tanpa hosting web kalian tidak dapat membangun situs web.

4. Nama Domain atau Web Hosting Untuk Membuat Sebuah Website.

Untuk membangun situs web, kalian memerlukan nama domain dan akun hosting web. Membeli nama domain saja hanya memberi kalian hak untuk menggunakan nama domain tertentu untuk jangka waktu tertentu (biasanya 1 tahun). Kalian memerlukan hosting web untuk menyimpan file situs web kalian. Setelah kalian mendapatkan hosting, kalian perlu memperbarui pengaturan nama domain kalian dan arahkan ke penyedia layanan hosting web kalian. Sekian penjelasan dari kami semoga penjasan kami kali ini dapat bermanfaat bagi kalian blogger pemula dan dapat member solusi untuk masalah kalian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini