Mengenal Bahasa Pemrograman Java dan Sejarahnya

Bahasa Pemrograman Java
Java

MASZUDJava adalah sebuah bahasa pemrograman komputer. Java memungkinkan programmer untuk menulis instruksi komputer menggunakan perintah berbasis bahasa Inggris dari pada harus menulis dalam kode numerik. Java dikenal sebagai bahasa pemrograman yang mudah karena dapat dibaca dan ditulis dengan mudah oleh manusia.

Seperti bahasa Inggris, Java memiliki seperangkat aturan yang menentukan bagaimana instruksi ditulis. Aturan-aturan ini dikenal sebagai sintaksisnya. Setelah sebuah program ditulis, instruksi tingkat tinggi diterjemahkan ke dalam kode numerik yang dapat dimengerti dan dijalankan oleh komputer.

1. Sejarah Bahasa Pemrograman Java

Pada awal tahun 90-an, Java, yang awalnya bernama Oak dan kemudian Green, diciptakan oleh tim yang dipimpin oleh James Gosling untuk Sun Microsystems, sebuah perusahaan yang sekarang telah dimiliki oleh Oracle. Bahasa ini memperoleh banyak sintaksisnya dari C dan C ++, tetapi memiliki lebih sedikit fasilitas tingkat rendah dari pada keduanya.

Oracle Corporation adalah pemilik saat ini dari implementasi resmi platform Java SE, setelah akuisisi mereka terhadap Sun Microsystems pada tanggal 27 Januari 2010. Implementasi ini didasarkan pada implementasi asli Java oleh Sun Microsystems. Implementasi Oracle tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan Solaris. Implementasi Oracle dikemas ke dalam dua distribusi yang berbeda:

  • Java Runtime Environment (JRE) yang berisi bagian-bagian platform Java SE yang diperlukan untuk menjalankan program Java dan ditujukan untuk pengguna akhir.
  • Java Development Kit (JDK) yang ditujukan untuk pengembang perangkat lunak dan termasuk alat pengembangan seperti kompiler Java, Javadoc, Jar, dan debugger.

Java pada awalnya dirancang untuk digunakan pada perangkat seluler digital, seperti ponsel. Namun, ketika Java 1.0 dirilis ke publik pada tahun 1996, fokus utamanya telah bergeser untuk digunakan di internet, memberikan interaktivitas dengan pengguna dengan memberi pengembang cara untuk menghasilkan halaman web animasi. Namun, ada banyak pembaruan sejak versi 1.0, seperti J2SE 1.3 di 2000, J2SE 5.0 di 2004, Java SE 8 di 2014, dan Java SE 10 di 2018. Selama bertahun-tahun, Java telah berevolusi sebagai bahasa yang sukses untuk digunakan baik di dalam maupun di luar internet.

Baca Juga:  Cara Install XAMPP di PC dan Konfigurasinya

Baca juga:
Cara Menginstal Python 2 dan 3 di Windows

2. Kenapa harus memilih Java

Java dirancang dengan beberapa prinsip utama di dalamnnya:

  • Kemudahan Penggunaan: Dasar-dasar Java berasal dari bahasa pemrograman yang disebut C ++. Meskipun C ++ adalah bahasa yang kuat, ia kompleks dalam sintaksisnya dan tidak memadai untuk beberapa persyaratan Java. Java dibangun di atas dan meningkatkan ide-ide C ++ untuk menyediakan bahasa pemrograman yang kuat dan mudah digunakan.
  • Reliabilitas: Java diperlukan untuk mengurangi kemungkinan kesalahan fatal dari kesalahan programmer. Dengan pemikiran ini, pemrograman berorientasi objek diperkenalkan. Data dan manipulasinya dikemas bersama di satu tempat.
  • Keamanan: Karena Java pada awalnya menargetkan perangkat seluler yang akan bertukar data melalui jaringan, Java dibuat untuk menyertakan tingkat keamanan yang tinggi. Java mungkin adalah bahasa pemrograman yang paling aman saat ini.
  • Platform Independence: Java ditulis sebagai bahasa yang portabel dan lintas platform yang tidak peduli dengan sistem operasi, perangkat keras, atau perangkat yang digunakan.

Tim di Sun Microsystems berhasil menggabungkan prinsip-prinsip utama ini, dan popularitas Java dapat dilacak sebagai bahasa pemrograman yang kuat, aman, mudah digunakan, dan portabel. Sekian penjelasan dari kami semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini