3 Teknik dan Cara Riset Keyword Video Youtube Lengkap untuk Pemula

Cara Riset Keyword Video Youtube
Cara Riset Keyword Video Youtube

MASZUD – Youtube merupakan salah satu media alternatif untuk memanjakan mata dan telinga dengan berbagai videonya. Seiring berjalannya waktu, kini Youtube semakin berkembang dan semakin populer menjadi situs pencarian video nomor satu di dunia. Inilah yang membuat banyak perusahaan di seluruh dunia ingin memasarkan produk mereka ke Youtube untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Untuk mengatasi hal tersebut, Google sebagai pemilik Youtube sudah meluncurkan program layanan periklanan bernama Adword untuk melayani pengguna Youtube yang ingin beriklan dan memasarkan produknya di video Youtube. Semakin banyaknya Advertiser (pengiklan) tentu membuat pendapatan Youtube semakin besar. Meskipun begitu, Youtube juga membutuhkan lebih banyak video dari penggunanya atau yang sering disebut Youtuber.

Youtuber yang memiliki banyak pengikut, jumlah view melimpah dan tidak melanggar pedoman youtube dapat mengikuti program periklanan Youtube untuk publisher iklan yaitu Google Adsense Youtube. Dari program inilah, para content creator atau Youtuber mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta yang didapat dari pembagian hasil dari google dengan pengiklan. Banyaknya youtuber yang sukses seperti atta halilintar, ria ricis, deddy corbuzier dan lain sebagainya, mendorong banyaknya generasi milenial mengikuti jejak langkah mereka saat ini.

Selain skill atau kemampuan dalam menggunakan kamera dan konsep video, ada hal penting lain yang harus kamu pelajari yaitu Riset Keyword Video Youtube. Riset keyword merupakan bagian dari teknik optimasi SEO yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah penonton sekaligus meningkatan pendapatan dari youtube. Dengan riset keyword atau kata kunci, kamu bisa menentukan judul video youtube dan tag video youtube yang mempunyai tingkat pencarian tinggi dengan persaingan yang rendah. Bagaimana caranya?

Berikut 3 teknik dan cara riset keyword video youtube lengkap untuk pemula yang bisa kamu pelajari.

1. Menggunakan Youtube Auto Sugestion

Youtube Auto Sugestion
Youtube Auto Sugestion

Kamu bisa memanfaatkan saran kata kunci yang di tampilkan saat mengetikan kata kunci tertentu pada pencarian youtube. Untuk menggunakan Youtube Auto Sugestion caranya sebagai berikut:

  • Hapus data browsing pada perangkat yang digunakan.
  • Masuk ke aplikasi youtube atau situs youtube.
  • Lakukan pencarian menggunakan kata dasar yang akan kamu gunakan untuk video.
  • Pada pencarian youtube akan menampilkan kata kunci yang relevan dengan kata kunci yang kamu masukkan.
Baca Juga:  Cara Menghasilkan Uang Dengan Dedicated Server

2. Menggunakan Fasilitas Youtube Trends

Youtube Trends
Youtube Trends

Youtube memiliki fasilitas khusus bagi penggunanya untuk melihat video yang sedang trend setiap minggu yaitu Youtube Trend. Kamu bisa menggunakan topik dan judul video yang sedang trend untuk mendapatkan ide kata kunci (keyword ) agar bisa menjangkau lebih banyak orang. Bahkan, kamu juga bisa melihat video tranding dari berbagai negara menggunakan Youtube Trends. Untuk menggunakan Youtube Trends caranya sebagai berikut:

  • Hapus data browsing pada perangkat yang digunakan.
  • Masuk ke aplikasi youtube atau situs youtube.
  • Dari dashboard situs YouTube, cari fitur menu dengan nama “trending” dan sentuh fitur tersebut.
  • Setelah tampilan baru terbuka., kamu bisa melihat daftar video YouTube yang sedang populer atau trending minggu ini.
  • Gulir ke atas untuk melihat peringkat teatas atau ke bawah untuk melihat peringkat terbawah. Cari dan temukan judul atau deskripsi video yang bisa digunakan untuk dikembangkan menjadi judul dan deskripsi video yang kamu miliki.

3. Menggunakan Situs Google Trends Video

 Google Trends Video
Google Trends Video

Google trends video merupakan salah satu produk google yang memiliki fungsi sama dengan fasilitas YouTube trends atau trending. Bedanya, kamu hanya bisa melihat informasi video yang sedang populer bukan artikel berita. Kamu bisa melihat video populer di suatu negara dan waktu tertentu. Untuk menggunakan google trends video caranya sebagai berikut:

  • Ketik “YouTube filter in Google Trends” di google penelusuran
  • Klik link paling atas di google penelusuran
  • Sesuaikan negara dan pilih Indonesia
  • Pilih waktu 30 hari terakhir 5. Selesai,  kamu akan melihat 5 keyword teratas yang sering diketik oleh orang indonesia di youtube. Referensi ini bisa kamu gunakan untuk membuat ide keyword untuk judul dan deskripsi video youtubemu
Baca Juga:  Tips Berkarir di Bidang Fotografi Fashion

Sebagai tambahan, ada beberapa situs yang memiliki fitur hampir sama dengan google trends yaitu ubersuggest, keyword tool, dan keyword tool.io yang bisa kamu gunakan untuk riset keyword video youtube.

Itulah 3 teknik dan cara riset keyword video youtube lengkap untuk pemula yang bisa kamu pelajari. Semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini