5 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Dalam Performa Terbaik

Cara merawat laptop
Cara Merawat Laptop

MASZUD – Sebenarnya cara merawat laptop sudah banyak dibahas di berbagai forum di internet baik blog maupun website. Namun, masih banyak juga yang bingung dan kesulitan merawat laptop dengan baik dan benar.

Jika dilihat sekilas maka semua orang dapat mengatakan merawat laptop itu mudah, namun jika diteliti secara mendalam itu tidaklah mudah. Ada beberapa faktor yang mempengarui seperti kebiasaan pengguna dan faktor internal dari laptop itu sendiri.

Ada banyak yang bertanya pada saya, “Bagaimana cara merawat laptop yang benar ?” Dari sana saya menulis artikel ini sebagai jawaban serta solusi untuk kamu yang memang membutuhkan tips terbaik dalam hal merawat laptop ataupun komputer.

Saya menulis mengenai cara merawat laptop ini adalah pengalaman pribadi, dan alhamdulillah dengan cara yang saya pakai ini laptop saya meski sudah berumur, namun masih tetap dalam kondisi normal jaya.

Berikut 5 Cara merawat laptop yang bisa anda lakukan :

1. Tidak Langsung Menutup LCD

Saat kamu selesai bekerja dan sudah mematikan laptop, biasanya akan langsung menutup layar LCD. Sebenarnya ini adalah kebiasaan yang keliru. Saat kamu menutup LCD ketika laptop baru saja dimatikan, di sana hawa panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD laptop. Hal ini tentu akan bisa berakibat buruk bagi layar LCD.

Ada baiknya biarkan laptop selama beberapa menit sesudah dimatikan, saat suhu sudah lebih dingin baru ditutup. Namun, apabila kamu bekerja di ruangan ber-AC, maka biasanya kondisi suhu ruangan yang dingin akan membuat laptop menjadi tidak terlalu panas. Dari sana jika laptop sudah dimatikan dalam tempo 1 menit atau lebih layar LCD sudah bisa ditutup.

Baca Juga:  Perbedaan Jailbreaking, Rooting dan Bootloader

2. Rutin Dicharge Walaupun Jarang Dipakai

Terkadang kita tidak memakai laptop selama beberapa minggu. Namun, walaupun tidak digunakan untuk beberapa lama, jangan sampai kamu lupa untuk mengisi baterai. Hal ini adalah salah satu cara yang dapat anda lakukan merawat laptop supaya baterai tetap awet.

Perlu diketahui, baterai yang terpasang pada laptop akan berkurang kapasitasnya walaupun tidak digunakan. Maka dari itu saya sangat menyarankan, baterai dilepas apabila memang tidak akan memakai laptop dalam waktu yang lama.

3. Matikan Laptop Sesuai Aturan

Dengan mematikan laptop sesuai ketentuan yang berlaku, kamu sudah melakukan salah satu cara yang tepat merawat laptop supaya tidak cepat rusak. Perlu diperhatikan, jangan pernah mematikan laptop dengan paksa dengan menekan tombol power. Seperti yang kita ketahui terdapat aturan mematikan laptop dengan mengklik tombol power lalu klik shutdown. Maka nanti laptop akan dimatikan secara perlahan oleh system.

4. Jangan Menunggu Baterai Sampai Kosong untuk Dicharge

Saat memakai laptop jangan sampai keasyikan sampai baterainya benar-benar kosong ataupun habis. Segera dicharge baterai laptop sebelum menunjukkan angka 0 persne. Dengan kamu sering membiarkan baterai sampai benar-benar habis, hal itu hanya akan mempercepat umur dari baterai itu sendiri.

5. Rutin Membersihkan Laptop

Laptop atau komputer yang terawat adalah laptop yang rutin dibersihkan. Saya sangat menyarankan kamu untuk selalu melakukan pembersihan laptop minimal seminggu sekali saat tidak ada tugas yang harus dikerjakan. Dengan secara rutin dibersihkan, otomatis laptop akan terhindar dari pengendapan debu dan kotoran yang merupakan salah satu sumber penyebab kerusakan pada laptop.

Terutama yang harus dibersihkan komponen pada laptop adalah keyboard. kamu dapat memakai semprotan udara seperti yang kerap dipakai membersihkan kamera untuk menghilangkan debu di sela-sela tombol keyboard laptop. Gunakan lap microfiber untuk menghilangkan debu-debu yang tersisa. kamu juga harus membersihkan layar dengan memakai cairan khusus pembersih LCD. Namun, sebelumnya kamu harus menyapu terlebih dahulu dengan kuas khusus.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini