Belajar Fotografi Untuk Pemula Tanpa Perlu Kursus

MASZUD – Cara menjadi fotografer adalah tema yang kali ini saya bahas, belajar fotografi itu gampang gampang susah tergantung niat dan kemauan di sendiri.

Apa sih tujuan kalian ingin mempelajari fotografi ? apakah untuk berkarir di bidang fotografi atau hanya untuk di jadikan bahan upload di Instagram ?

Apa itu fotografi? menurut wikipedia, fotografi adalah proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya.

Belajar Fotografi

3 Unsur atau teknik dasar fotografi

1. ISO (ASA)

ISO adalah sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Sensor ini berguna untuk merekam cahaya dan membuat gambar. Cahaya di sekitar kita memiliki intensitas yang berbeda. Karena itu, mengambil foto dengan cahaya yang sangat terang membutuhkan sensitivitas ISO yang berbeda jika kita mengambil gambar di ruangan yang gelap.

2. Aperture (Diafragma)

Aperture atau diafragma adalah “bukaan” dari lensa yang kita gunakan. Bukaan ini diukur dengan istilah “f stop”, misalnya “f1.2, f2.0, f8.0, f11, dll. Semakin kecil angka f-stop, maka semakin banyak cahaya yang di tangkap oleh sensor kamera.

3. Shutter Speed (Kecepatan)

Sutter Speed adalah lamanya waktu kamera membuka sensor untuk menangkap cahaya. Semakin lama durasinya, semakin banyak cahaya memasuki sensor kamera dan gambar menjadi lebih terang. Biasanya Sutter Speed mulai dari 1/4000 detik sampai to 30 detik.

Langkah langkah belajar fotografi

  1. Kita membutuhkan kamera misalnya kamera canon, karena harga kamera canon terbilang murah dan mudah untuk di gunakan. Berdasarkan ukuran sensor, kamera dibagi menjadi dua, kamera saku dan kamera SLR digital. Jadi apa perbedaan antara kamera saku dan kamera SLR digital? Saya hanya dapat membeli kamera saku, tidak bisakah saya belajar fotografi dengan kamera saku? Jangan takut, meski tidak mahal, kamera saku memiliki kelebihannya sendiri dan tidak menjadikannya hambatan untuk belajar fotografi.
  2. kita perlu belajar lebih banyak tentang eksposur cahaya. Inti dari fotografi adalah eksposur, atau total cahaya yang masuk ke sensor fotosensitif. Karena cahaya ini, foto terbentuk. Peran kami sebagai fotografer adalah mengontrol jumlah cahaya yang masuk dengan mengubah ukuran bukaan lensa, kecepatan rana, dan ISO. Saya menyebut ketiga elemen ini segitiga emas fotografi.
  3. Harus mempelajari kamera kita, terutama mode, pengukuran cahaya (metering) dan fokus otomatis (auto focus).
  4. Pelajari apa itu kedalaman fokus (depth of field)
  5. Pelajari pengambilan gambar yang yang benar agar hasil gambar kita bagus dan tajam
  6. Pelajari komposisi foto yang baik dan menarik, tidak asal jepret.
  7. Pelajari karakter cahaya, terutama arah dan intensitas cahaya.
  8. Belajar memilih waktu dan tempat yang mempunyai pencahayaan yang bagus.
  9. Belajar bercerita melalui foto, dengan foto atau serangkaian foto.
  10. Belajar mengolah foto dengan efek digital. Foto di era digital mudah dipelajari dan membuka babak baru dalam fotografi digital.
Baca Juga:  Inilah 5 Aplikasi Edit Foto Android dan iOS Terbaik

Itulah cara menjadi fotografer untuk pemula silahkan pelajari dan teruslah mencoba, karena semakin banyak praktek, Anda akan lebih dapat memahami teknik dasar fotografi secara otodidak dan dapat menyesuaikan dengan selera Anda.

Cobalah untuk mulai foto model dengan teman atau keluarga Anda bisa juga dengan foto landscape di sekitar lingkungan Anda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini