#6 Tips Jitu Mengatasi Serangan Virus di Komputer / Laptop

Sumber: pixabay.com

MASZUD – Ketika komputer / laptop kalian mulai melambat atau kinerjanya yang menjadi tidak biasa, kita sering cepat curiga bahwa kita memiliki virus. Mungkin bukan virus, tetapi kemungkinan kalian memiliki beberapa jenis malware di perangkat komputer atau laptop kalian. Beberapa berbahaya, dan yang lainnya hanya mengganggu. Penyebab terburuknya adalah para pembajak, program malware yang mengambil alih browser kalian, atau lebih buruk lagi komputer atau laptop kalian. Saya harus menghapus jenis program jahat ini dari komputer pribadi dan komputer kerja. Berikut adalah 6 tips tentang cara mencegah malware atau virus yang menginfeksi komputer kalian dan menjaga komputer kalian tetap aman.

1. Instal Perangkat Lunak Anti-Virus / Malware.

Tips ini mungkin berlaku tanpa berkata, dan sudah di ketahui banyak orang. Namun banyak komputer yang terutama komputer rumahan tidak memiliki perlindungan anti-virus / malware. Perlindungan ini adalah langkah pertama yang harus dimiliki untuk menjaga komputer / laptop kalian bebas dari virus komputer.

2. Perbarui Perangkat Lunak Anti-Virus Kalian.

Memiliki perangkat lunak Anti-Virus adalah langkah kedua. Perangkat lunak anti-virus gratis lebih baik dari pada tidak sama sekali, tetapi perlu diingat bahwa itu bukan solusi terbaik. Microsoft memang menyediakan paket keamanan gratis. Namun berlaku gratis jika kalian memiliki OS Windows, kalian akan diberikan akses. Tetapi kalian perlu membayar lisensi Windows. Banyak pengguna yang tidak mengetahui program ini, tetapi ini sebenarnya sebuah perlindungan yang layak.

3. Jalankan Pemindaian Terjadwal Secara Teratur dengan Perangkat Lunak Anti-Virus.

Ini juga mungkin tampak seperti no-brainer, tetapi banyak dari kita lupa untuk melakukan ini. Atur perangkat lunak pilihan kalian untuk dijalankan secara berkala. Sekali seminggu lebih baik, tetapi jangan menunggu lebih lama pemindaian. Sulit untuk bekerja di komputer kalian saat perangkat lunak anti-virus kalian sedang berjalan. Salah satu solusinya adalah menjalankan perangkat lunak pada malam hari ketika kalian tidak menggunakan komputer kalian. Namun, kalian pasti sering mematikan komputer pada malam hari, sehingga pemindaian tidak pernah berjalan. Atur perangkat lunak anti-virus kalian untuk dijalankan pada malam tertentu, dan selalu biarkan komputer kalian menyala pada malam hari itu. Pastikan itu tidak mati secara otomatis atau masuk ke mode hibernasi.

Baca Juga:  Apakah Mudah Membuat Website Anda sendiri? Apa itu HTML?

4. Update Sistem Operasi Kalian.

Pengembang OS seperti Windows, Mac OS X, Linux, atau OS lainnya, selalu mengeluarkan tambahan keamanan yang memperbaiki dan menyumbat kebocoran keamanan. Tambahan ini akan membantu menjaga keamanan sistem kalian. Demikian pula, perbarui perangkat lunak anti-virus kalian. Virus dan malware dibuat setiap saat. Perangkat lunak pemindai virus kalian harus update tentunya.

5. Amankan Jaringan Kalian.

Banyak komputer atau laptop kita terhubung ke file, printer, atau Internet kita melalui koneksi Wi-Fi. Pastikan itu memerlukan kata sandi untuk mengaksesnya dan kata sandi itu kuat. Jangan pernah menyiarkan koneksi Wi-Fi terbuka. Gunakan enkripsi WPA atau WPA2. WEP kini tidak lagi cukup kuat karena dapat di lewati dalam hitungan menit oleh para ahli. Merupakan ide bagus juga untuk tidak menyiarkan SSID kalian (nama jaringan Wi-Fi kalian).

6. Pikirkan Sebelum Kalian Mengklik Sesuatu.

Hindari situs web yang menyediakan materi bajakan. Jangan membuka lampiran email dari seseorang atau perusahaan yang tidak kalian kenal. Jangan mengklik tautan dalam email yang tidak diminta. Selalu arahkan kursor ke tautan (terutama tautan dengan pemendek URL) sebelum kalian mengklik untuk melihat ke mana tautan itu benar-benar membawa kalian. Jika Anda harus mengunduh file dari Internet, email, situs FTP, layanan berbagi file, dll., Pindai sebelum kalian menjalankannya. Perangkat lunak anti-virus yang baik akan melakukannya secara otomatis, tetapi kalian juga perlu memastikannya.

Semoga 6 tips berikut dapat membantu anda mengatasi dari serangan virus.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini